Thursday, 17 August 2017

Ternyata Lilin Dapat Menghambat Proses Pembusukan Buah


Makassar - Dalam memilih buah-buahan dibutuhkan kecerdasan mata serta insting untuk dapat membedakan mana buah yang memiliki pengawet (lilin) dan mana buah yang alami (tanpa bahan pengawet). Saat sekarang ini sudah banyak petani yang menggunakan bahan-bahan tertentu dalam mengolah buah hasil panennya agar terhindar dan terlindung dari bakteri-bakteri yang dapat mempercepat pembusukan bauh hasil panen petani.

Terdapat Beberapa Faktor yang Dapat Meyebabkan Buah dan Sayuran Membusuk

Sebelum buah dipanen sebenarnya buah sudah melindungi dirinya sendiri secara proses yang almiah (lapisan lilin) agar terhindar oleh bakteri atau hama yang jahat yang dapat membuat buah jadi rusak dan busuk. Akan tetapi lapisan tersebut hilang ketika petani telah mencuci buah tersebut.

Para petani tentunya tak ingin melihat hasil panennya cepat rusak dan menimbulkan kerugian, sehingga beberapa petani berinisiatif memberikan perlindungan kepada hasil paenennya agar tidak cepat rusak yaitu memberikan pengawet (lapisan lilin) pada kulit buah agar terlindung dari serangan bakteri yang menyebabkan buah jadi busuk.

Biasanya buah yang dilapisi lilin pada bagian kulit tentunya tidak cepat rusak alias dapat bertahan lama, dan memberikan efek mengkilap pada buah. Biasanya para petani dan distributor buah-buahan sudah mengetahui dan saling memahami hal-hal tersebut, sehingga ada baiknya bagi konsumen dapat bertanya terlebih dahulu dalam membeli buah-buahan.

Amankah Buah-buahan yang Berlapiskan Lilin?

Berhati-hati dan cerdaslah dalam membeli dan mengkosnsumsi buah-buahan, ada baiknya sebelum mengkonsusmsi cucilah hingga bersih dengan air panas atau dengan menggunakan sabun khusus buah dan sayuran.

0 comments:

Post a Comment