Monday, 2 February 2015

Mebuat Aplikasi Sederhana Menghitung Nilai Dengan Visual Basic 6.0



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Udah lama saya tidak memposting artikel di blog ini dimana dikarenakan terlalu banyak kegiatan yang harus saya kerjakan di dunia Akademik saat-saat ini yah bisa dikatakan agak sibuk hehehe...

Kali ini saya akan memposting sebuah artikel mengenai Bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dimana saya akan mengangkat sebuah contoh kasus pembuatan Program Menghitung Nilai Akademik yang sederhana tanpa menggunakan Database.

Tanpa basa-basih, langsung saja kita melangkah dalam pembuatan program sederhana tersebut.


    1. Bukalah aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 anda.

2.  Buatlah tampilan Program sederhana seperti pada gambar yang ada dibawah ini. Dan buatlah tampilan program anda semenarik mungkin.
 3. Pada bagian Text1 klik 2 kali maka akan muncul sebuah jendela dimana ditempat itulah kita akan membuat sebuah kode untuk pemanggilan Jurusan dan Angkatan secara otomatis pada Label6 dan Label7. Dan masukkanlah kode tersubut.
 
      Cara kerja kode diatas yaitu ketika kita mengetikkan sebuah Nim/STAMBUK contohnya 122356 maka angka pertama dan ke 2 dari depan yaitu menandakan angkatan masuk “12”, dan 3 angka dari depan yaitu menandakan Jurusan “2”.

4.   Pada bagian tombol Command1 (PROSES) klik 2 kali maka akan muncul lagi sebuah jendela tempat memasukkan kode, dimana tombol ini bekerja sebagai memproses nilai yang diinputkan secara manual dan mendapatkan sebuah hasil akhir.

5. Masuk pada Form_Load dan masukkan kode tersebut.
       
      Cara kerja kode diatas yaitu membuat sebuah list pada combo1 (Mata Kuliah), dan Bersih diatas berfungsi untuk membersihkan Form ketika di jalankan (RUN/F5). Cara membuat kode bersih yaitu buatlah sebuah Sub Bersih() pada jendela kode bagian bawah, kode sebagai berikut.


            6.  Klik 2 kali pada tombol Command2 (HAPUS) yaitu membersihkan sebuah data yang        sudah diproses, dengan kode.


 
       7.  Klik 2 kali pada tombol Command3 (KELUAR) yaitu keluar dari program yang dijalankan dengan kode.   

                                      Private Sub Command3_Clik()
                                      End
                                      End Sub


Semoga Anda bisa menjalankannya.
>>SEMOGA BERMANFAAT<<










1 comment:

  1. makasih banyak buat infonya, di coba yaa.. http://goo.gl/pTy7Ir

    ReplyDelete