Monday, 10 June 2013

Sejarah Linux Mengapa Mempunyai Logo/Maskot Pinguin


Astagaaa,,, maaf nih teman-teman baru muncul di blogger lagi, masalahnya lagi banyak kegiatan soalnya hehe.., nah malam ini saya akan menjelaskan sedikit tenteang bagaimana perjalanan/sejarah pinguin sehingga dia bisa menjadi sebuah maskot atau logo dari Sistem Operasi LINUX.

Pertama saya tidak tau mau memulai dari mana, tapi yang pertama yang mau saya angkat itu mulai dari bahas binatang yang satu ini dulu. Dari dulu saya selalu bertanya-tanya kenapa si pinguin ini bisa dijadikan sebuah maskot/logo dari sistem operasi Linux, kenapa coba bukan cicak, ayam, atau lebih sangarnya lagi singa, atau macan hehehe... Dari hasil penelusuran saya ternyata si pinguin lucu ini memiliki cerita yang lucu sehingga Mengapa Logo/Maskot LINUX itu Pinguin ??? nahh untuk lebih jelanya lagi mari kita simak bacaan tersebut.

Ternyata bianatang yang satu ini dijadikan sebuah maskot/logo dari Sistem Operasi Linux karena mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh binatang lainnya. lihat saja gambar di atas terlihat seekor pinguin yang lucu lagi duduk santai dan mempunyai perut yang besar. Mengapa pencipta Sistem Operasi Linux ini memberi maskot/logo sisitem operasi yang dibuatnya adalah gambar dari binatang lucu atau si pinguin ini. Menurut dari cerita dan pengalaman pencipta Sistem Operasi LINUX yang bernama Linus Benedict Torvalds kenapa sehingga dia bisa mengangkat atau menjadikan sebuah maskot/logo sistem operasi yang dibuatnya itu adalah seekor pinguin? Dalam cerita atau pengalaman beliau, pada saat dia pergi berlibur di bagian selatan Australia salah satu taman yang bernama Perth. Disanalah beliau mendapat sebuah inseden dengan bertemu seekor pinguin, dan pinguin itu ternyata menggigit jari beliau dan mengalami sebuah luka yang infeksi sehingga mengakibatkan beliau terserang demam selama berhari-hari. Dan dari kejadian lucu inilah merupakan awal beliau terinspirasi dari seekor pinguin sehingga beliau menjadikan si pinguin ini sebuah maskot/logo dari Sistem Operasi yang dibuatnya yang bernama LINUX.

Lalu kemudian beliau menyuruh seorang seniaman yang bernama Larry Ewing untuk menggambar si pinguin yang merupakan hasil dari inspirasi dan yang akan dijadikan sebuah maskot/logo dari Sistem Operasi Linux. Karena dalam hal ini para pengembang merasa bahwa Sistem Operasi LINUX ini sudah memerlukan sebuah maskot/logo pada tahun 1996. Dan salah satu dari pengembang yang bernama James Hunghes memberikan binatang ini sebuah nama yaitu TUX merupakan akronim dari (T)orvalds (U)ni(X) !!!. Nahh lengkaplah sudah penantian para pengembang yang dimana sistem oprasi ini sudah memiliki sebuah "maskot/logo Pinguin yang bernama TUX".

Selain dari pada itu pinguin dipilih sebagai maskot/logo karena melambangkan sebuah kemandirian LINUX dari vendor-vendor besar software Operating System, kebebasanya dan kemandiriannya. Seperti seekor pinguin yang mandiri, bebas, dan tangguh di iklim yang sangat dingin.

Dan hingga sekarang maskot/logo Linux yaitu Tux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenali semua produk yang berbau Linux, yang hanya dengan melihat maskot/logo yang unik dan lucu, hasil dari kerjasama seluruh komunitas Linux yang ada di seluruh dunia.

Terima kasih...
Semoga bermamfaat... :)

1 comment: